TIPS UNTUK MEMULAI BISNIS KULINER

alexis-antoine-K_yxZWNpf28-unsplash

Saat ini sangat banyak anak muda yang mulai tertarik untuk menjadi pebisnis muda atau bahasa kerennya young entrepreneur, mulai dari bisnis pakaian, dropship¸sampai kuliner. Dari sekian banyak bisnis yang ada, salah satu bisnis yang paling banyak diminati anak muda saati ini adalah bisnis Kuliner, entah itu bisnis catering atau bahkan ada yang sampai membuat café / restaurant.

Namun, sebelum Anda memulai Bisnis Kuliner, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar nantinya bisnis yang Anda jalankan tidak berakhir dengan kegagalan. Berikut ini beberapa tips-tips untuk memulai Bisnis Kuliner :

  1. Memperhatikan Kualitas

Apabila kita bicara tentang bisnis Kuliner, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas dari rasa makanan yang akan Anda sajikan. Anda pasti tidak ingin mendengar komentar-komentar negatif diluar sana tentang usaha Anda hanya karena Anda tidak memperhatikan kualitas dari masakan Anda. Selain memperhatikan rasa Anda juga tidak boleh lupa untuk memperhatikan kebersihan dalam proses pembuatan makanan Anda, jangan sampai konsumen Anda kabur karena Anda kurang memperhatikan kebersihan dalam proses pembuatannya.

 

  1. Tentukan Target Pasar

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikana adalah tentukan target pasar Anda, target pasar tergolong dari umur, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, dan sebagainya. Target pasar sangat penting karena apabila Anda telah memiliki target pasar yang cukup jelas, maka Anda akan lebih mudah menentukan strategi bisnis apa yang akan Anda gunakan kedepannya.

 

  1. Pemilihan Lokasi

Setelah Anda menentukan target pasar Anda, maka tahap selanjutnya adalah menentukan lokasi yang strategis sesuai dengan target pasar yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Sebagai contoh, apabila rencana target pasar Anda adalah kalangan muda, maka lokasi yang cocok adalah lokasi yang berada di daerah sekitar kampus atau sekolahan.

 

  1. Mengandalkan sosial media

Di era digital seperti saat ini sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter merupakan salah satu alat promosi yang dapat anda andalkan. Banyak informasi-informasi yang mudah  tersebar secara cepat melalui sosial media. Melihat fenomena tersebut, Anda dapat mencari keuntungan melalui sosial media, bahkan sosial media dapat menjadi alat promosi gratis Anda loh.

 

Misalkan, apabila Anda memiliki lokasi atau penyajian hidangan yang unik dan menarik atau bahasa kerennya instagramable, lalu salah satu konsumen Anda membagikannya ke sosial media mereka masing-masing, maka secara tidak langsung konsumen Anda telah mempromosikan tempat usaha Anda kepada teman-teman mereka.

sumber : louis hansel
  1. Penyajian yang menarik

Seperti kita ketahui, rasa merupakan hal terpenting dari setiap makanan yang akan kita santap. Namun, kebanyakan orang yang tidak menyadari bahwa kita sebenarnya makan/merasakan sesuatu melalui apa yang kita lihat terlebih dahulu. Cara penyajian yang unik atau penampilan hidangan yang baik akan dapat menarik perhatian pengunjung Anda.

 

  1. Selalu berinovasi

Terakhir, jangan pernah merasa puas apabila anda telah memiliki usaha yang ramai dikunjungi. Karena dengan berjalannya waktu, maka akan makin banyak pesaing-pesaing yang bermunculan bahkan tidak sedikit yang akan “mencuri” ide bisnis Anda.

 

Selain itu, berinovasi juga dapat menghindari konsumen merasa jenuh dengan sesuatu yang begitu-begitu saja. Maka dari itu anda harus selalu melakukan inovasi mulai dari segi rasa, menciptakan menu-menu tambahan, cara penyajian, kreasi dalam menghidangkan makanan dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis usaha khususnya usaha dibidang kuliner. Sebelum anda memulai bisnis, ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbangan  Anda sebelum memulai bisnis. Sifat konsisten dan tidak mudah menyerah merupakan hal wajib yang perlu Anda miliki sebelum membangun Usaha.

 

Peni Clay Ceramics merupakan supplier keramik tableware untuk memenuhi kebutuhan café, restaurant, hotel dan villa. Porduk kami 100% handmade dan dibuat oleh artisan lokal berpengalaman yang sangat memperhatikan setiap detail bentuk dan corak dari setiap produk yang kami ciptakan membuat produk kami memiliki ciri khasnya tersendiri. Kualitas merupakan salah satu hal terpenting yang kami perhatikan, dimana kami telah mengantongi sertifikat U.S FDA (United States Food and Drugs Administration) yang membuat produk kami sangat aman untuk digunakan.